Cara Menghadapi Anak Hiperaktif

Cara Menghadapi Anak Hiperaktif

Cara Menghadapi Anak HiperaktifAnak Hiperaktif memang membuat orangtua bahagia karena menandakan perkembangannya berjalan sesuai dengan usia. Dengan Hiperaktifnya anak maka pertumbuhannya akan melesat dari anak seusianya. Namun hal itu berbeda jika anak terlalu Hiperaktif dan membuat kewalahan. Nah ada baiknya orangtua menyimak tips berikut Cara Menghadapi Anak Hiperaktif versi Baconini.

1. Berikan Batasan Ruang
Anak yang terlalu Hiperaktif cenderung memiliki keinginan tinggi mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dan terkadang membuat orangtua kewalahan karna itu Cara Menghadapi Anak Hiperaktif untuk meengejar dan mengawasi anaknya. Saat anak akan bermain, beritahukan sampai batasan ruang yang boleh dan tidak boleh dilewati agar orangtua bisa tetap mengawasi meski harus melakukan aktifitas.



2. Jangan Dilarang
Jangan melarang anak untuk bermain. Biarkan saja mereka mengamati dan berkembang sesuai dengan usianya. Anak Hiperaktif biasanya sedang berada dalam tahap puncak untuk mengetahui hal – hal yang ada di sekelilingnya dan mengasah daya pikirnya. Mencegah anak hanya akan membuat tumbuh kembang mereka terhambat.

3. Tetapkan Waktu
Cara efektif lainnya adalah dengan membatasi waktu bermain anak. Ajarkan kepada anak bahwa setiap kegiatan itu memiliki batas waktu. Ada kalanya anak bermain diluar dan adakalanya anak bermain di rumah. Beritahukan anak sampai kapan bisa main diluar dan didalam. Pahamkan bahwa anakpun memiliki aktifitas yang harus dikerjakan selain bermain yaitu mandi, mengaji, bahkan tidur siang. Tegaskan kepada anak dan buat kesepakatan perihal batasan waktu. Jangan segan untuk menghampiri anak jika waktu bermain atau aktifitas lainnya sudah selesai.

4.Sediakan Ruang Khusus
Adakalanya orangtua tidak bisa mengawasi anak karena berbagai kesibukan. Maka cara ini juga bisa dilakukan agar si kecil tetap aman terawasi. Berikan ruang khusus di rumah yang diperuntukkan sebagai media belajar si kecil. Tidak harus besar namun yang penting cukup untuk menampunh mainan serta daya gerak anak. Biarkan anak bermain disana. Jangan lupa beritahukan anak bahwa ayah dan ibu memiliki hal yang harus dikerjakan sehingga anak harus bermain di tempat yang sudah disediakan agar bisa tetap terasa di perkembangannya.

seperti yang di bahas di atas adalah Cara Menghadapi Anak Hiperaktif, dan kita juga harus mengetahui kenapa anak bisa hiperaktif, penyebab utama anak hiper aktif adalah Attention Deficit Disorder Atau biasanya di sebut ADD, masalah hiperaktif ini biasa disebutkan kepada anak yang masih muda tetapi sangat aktif  dalam melakukan seluruh aktifitasnya.

pada awalnya masalah hiperaktif anak bisa di lihat di saat mereka masih bayi mereka suka menangis dan juga berteriak, jam tidurnya sangat sebentar dan sangat sulit untuk beristirahat pada si anak, namun penybab utama anak bisa hiperaktif sampai sekarang masih belum bisa di ketahui apa pemicunya, tapi beberapa pakar sudah memberitahu bagai mana cara menghadapi anak hiperaktif.

 

%d bloggers like this: